Monday, January 5, 2015

Tips Menghindari Penipuan Saat Booking Hotel Via Online

cekhotelmurah.com 2015  » Tips Menghindari Penipuan Saat Booking Hotel Via Online - Tentunya cara booking hotel jaman dulu dimana anda harus membolak-balik buku telepon yang tebal untuk mencari nomor telepon hotel dan menghubungi semua kandidat hotel satu per satu untuk mencari informasi sebelum akhirnya memesan kamar. Jaman sekarang, anda tentu sudah tidak perlu melakukan itu lagi, karena hampir semua hotel sudah bisa melakukan booking online alias lewat internet. Banyak agen travel online yang juga menyediakan fasilitas booking online untuk hotel-hotel yang anda inginkan sekaligus tips dan cara-cara booking onlinenya.

Tapi, solusi yang harusnya memudahkan ini ternyata juga rentan kejahatan atau penipuan. Biasanya ini terjadi saat traveler melakukan pemesanan melalui pihak ketiga, seperti agen perjalanan, atau situs penyedia voucher diskon. Banyak traveler yang dibuat kecewa setelah menemukan bahwa hotel atau penginapan yang mereka pesan ternyata sebenarnya tidak ada atau harus keluar budget ekstra karena pesanan atas nama mereka belum dibuat di hotel yang bersangkutan.

Nah, sebelum anda merencanakan liburan, situs cekhotelmurah mendapatkan informasi dari berbagai sumber ingin berbagi sedikit tips untuk mengantisipasi tindakan penipuan saat anda melakukan pemesanan hotel.

1. Cek kredibilitas penyedia jasa travel
Penasihat keamanan AVG Technologies Michael McKinnon mengingatkan traveler untuk selalu waspada terhadap penyedia jasa wisata yang digunakan. Kalau anda menggunakan jasa agen yang belum pernah anda gunakan sebelumnya, cari tahu tentang perusahaan itu lewat Google dan cek apakah mereka memang bonafid. Atau, jika penyedia jasa itu adalah perusahaan kecil, langsung hubungi saja kantornya.

2. Pastikan laman booking dan pembayaran terlindungi


Usahakan untuk melakukan transaksi booking atau pembayaran di laman yang diawali dengan https://, karena ‘s’ itu menyatakan bahwa laman yang anda buka sudah aman.

3. Usahakan bertransaksi menggunakan kartu kredit
Transaksi lewat kartu kredit lebih aman untuk dilakukan ketimbang lewat kartu debit yang langsung memotong saldo rekening dalam bank anda. Tapi, kalau anda memang harus menggunakan kartu debit, jangan pernah memberikan informasi finansial apapun di dunia maya.

4. Cek terms & conditions
Selalu cek ketentuan yang dibuat pihak hotel untuk memastikan anda mendapat sesuai dengan apa yang sudah anda bayarkan. Jangan ragu untuk bertanya kepada pihak hotel, kalau mereka adalah perusahaan resmi, mereka pasti bisa memberikan jawaban dengan mudah untuk menjadi solusi anda.

5. Terlalu muluk, patut dicurigai
Travel writer sekaligus penulis buku ‘The Naked Traveler’, Trinity, mengingatkan kepada para pembacanya “If it’s too good to be true, then maybe it’s not true”. Kalau hotel menjanjikan kamar mewah dengan harga yang jauh lebih murah dari pasaran, anda patut curiga. Lebih baik anda cek harga pasaran hotel dengan fasilitas dan keistimewaan yang sama dengan hotel incaran anda melalui internet. Kalau hotel incaran memberikan harga jauh di bawah pasaran, hm mungkin lebih baik anda memilih hotel lain yang lebih ‘pasti’.

Demikian Info Tentang Tips Menghindari Penipuan Saat Booking Hotel Via Online, semoga bermanfaat :-)