Wednesday, November 12, 2014

Info Wisata Kuliner Pangkal Pinang

www.cekhotelmurah.com » Info Wisata Kuliner Pangkal Pinang - Mengingat lokasinya yang didominasi wilayah laut maka kuliner pangkal pinang banyak terdiri dari olahan hasil laut. Disini, kita bisa mendapatkan beragam olahan awetan hasil laut seperti cumi kering, udang kering, teripang, sirip hiu, wak-wak kering, siput gung-gung, rusip dan sebagainya. Selain itu berbagai masakan hasil laut seperti otak-otak, kerupuk, empek-empek, lakso dan lainnya juga bisa ditemui disini.

Untuk makanan tradisionalnya ada martabak Bangka, rintak sagu, kue talam, lempok cempedak atau kue rangai. Masih penasaran dengan ragam kuliner pangkal pinang? Cobalah mencermati beberapa masakan berikut:
Icip-icip Sedapnya Kuliner Pangkal Pinang

Kritcu
Info Wisata Kuliner Pangkal Pinang Kritcu

Penganan ini terbuat dari telur cumi. Kritcu sendiri adalah kerupuk telur cumi yang berbentuk persegi panjang seukuran ibu jari. Jajanan yang satu ini sangat disukai karena selain olahan produksi hasil laut yang melimpah tapi juga karena rasanya yang gurih dan nikmat. Makanan ini bisa dijumpai dengan mudah di berbagai toko snack atau oleh-oleh.

Rusip

Rusip terbuat dari ikan bilis segar yang difermentasikan dengan cara dimasukkan dalam botol, dibubuhi garam dan gula aren. Ikan ini akan disimpan selama 1 bulan baru kemudian akan dimakan.

Dodol ketan
Ternyata penganan dodol tidak hanya bisa dijumpai di Jawa. Di pangkal pinang juga ada dodol ketan yang terbuat dari ketan, gula aren dan santan. Yang membedakan dengan dodol jawa adalah rasa dan aroma khasnya yang dihasilkan dari penggunaan kayu Palawan dalam proses pemasakan.

Kue rintak
Kue yang satu ini terbuat dari bahan sagu, santan, gula, telur dan wijen. Biasanya kue ini akan disantap sebagai teman minum kopi.


Tai fu si
Tai fu si adalah minuman tradisional masyarakat pangkal pinang yang terbuat dari susu kedeali. Biasanya tai fusi akan dibuat dengan menambah rasa buah-buahan. Minuman yang satu ini sangat lezat untuk dinikmati dalam kondisi panas ataupun dingin.

Kemplang
Snack yang satu ini terbuat dari ikan tengiri atau cumi yang dicampur dengan sagu. Untuk proses memasaknya, ada yang digoreng, dibakar ataupun dipanggang.

Lakso
Lakso ini terbuat dari bahan beras dan sagu. Sajian yang satu ini biasanya akan dimakan dengan tambahan kuah bumbu ikan dan bawang merah.

Otak-otak
Otak-otak adalah makanan yang dibuat dari bahan ikan, sagu, bumbu dan santan. Dimasak dengan bungkus daun pisan akan membuat olahan yang satu ini memiliki cita rasa yang khas. Agar lebih lezat, otak-otak bisa disantap dengan sambal tauco atau cuka pedas.

Pantiaw
Pantiaw merupakan makanan ringan yang kaya akan kandungan karbohidrat. Bentuknya yang mirip dengan mie putih akan semakin nikmat jika disajikan bersama dengan bumbu aroma kuah ikan yang disiramkan di atasnya.

Getas
Getas adalah olahan ikan dengan sagu dan garam. Olahan ini biasanya akan dibentuk bulat-bula dan disajikan baik sehari-hari maupun hari raya.