Tuesday, August 19, 2014

Info Wisata Diving dan Snorkeling di Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah

www.cekhotelmurah.com » Info Wisata Diving dan Snorkeling di Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah - Wisatawan yang ingin kembali menjelajah wisata di sekitar jawa tengah cobalah pergi ke Klaten tepatnya ke Umbul Ponggok. Ada banyak wahana permainan air di sana dan salah satunya yang seru adalah wisatawan bisa bermain snorkeling. Snorkeling biasanya dilakukan wisatawan di Karimunjawa, Pulau Seribu atau pulau-pulau lainnya. Kalau Anda berwisata ke Klaten, bisa snorkeling dan diving yang pastinya sangat seru!



Kabupaten Klaten yang terletak di Jawa Tengah ini memang tidak memiliki pantai yang bisa digunakan untuk snorkelling, tetapi Klaten punya desa wisata air yaitu Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo. Di Desa Ponggok ini dibangun beberapa umbul seperti Umbul Ponggok, Umbul Cokro, Umbul Besuki, dan lain-lain yang digunakan untuk budidaya ikan, sekaligus menjadi tempat rekreasi. Di umbul-umbul inilah kita bisa melakukan snorkelling sambil menikmati keindahan ikan air tawar yang dibudidayakan di dalam umbul.


Umbul Ponggok ini dikelola oleh masyarakat desa Ponggok sendiri, tak heran kalau disekitar umbul ponggok banyak kolam renang, karna memang desa Ponggok memiliki banyak sumber mata air. Kolam ini terletak persis dipinggir jalan raya desa Ponggok, dan masih sepi pengunjung. Karna kurangnya publikasi sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui keindahan dalam air di Umbul Ponggok ini.

Travellers, Umbul Ponggok ini juga biasa dipakai untuk berlatih menyelam para pecinta diving. ukuran kolam yang lebar dan nuansa bawah airnya mirip seperti dilaut, membuat pelatihan diving menjadi menyenangkan. Kedalaman kolam di Umbul Ponggok ini tidak rata, dari 1,5meter sampai 2,5meter semakin ketengah semakin dalam. Dasar kolam ini berpasir dan terdapat bebatuan alam.

Transportasi Untuk menuju lokasi umbul ponggok sangatlah mudah, bisa dicapai dari jalan Solo-Yogya, setelah pom bensin Pakis belok kanan. Lalu ikuti arah jalan yang menikung ke kanan sampai pertigaan tugu belok kiri. Tidak jauh dari situ, sekitar 25 meter, Umbul Ponggok berada disebelah kanan. Jika anda kurang paham bisa cari lokasinya di GPS atau google maps dan jangan malu untuk tanya kepada warga setempat karena akses untuk menuju ke lokasi sedikit membingungkan karena tidak ada petunjuk jalan untuk menuju lokasi. Biaya Masuk dan Fasilitas Biaya masuk Wisata Umbul Ponggo bagi saya sangatlah terjangkau untuk biaya parkir montor roda dua Rp 2,000 dan mobil Rp 4.000. untuk biaya masuk cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 5,000 (hari libur), Rp 3,000 (hari biasa), dan fasilitas yang ada seperti Sewa ban Rp 3,000, sewa kacamata rengan Rp 10,000 ruang bilas Rp 1,000. Tersedia warung makan yang menjual beraneka makanan dan minuman yang cukup murah dipinggir kolam. 

NB :
Catatan biaya bisa berubah sewaktu-waktu.
Source Photo : nikaresti.blogspot.com